Writing Workshop Bersama Asma Nadia

Alhamdulillah Ahad, 18 Agustus 2013, aku bisa mengikuti Writing Workshop yang dipandu oleh pasangan Mba Asma Nadia dan Pak Isa Alamsyah. Begitu lihat pengumumannya di Komunitas bisa menulis (grup di FB), aku langsung izin suami. Memang harus izin suami kan? Selain itu alasan utama lainnya adalah suami harus piket jagain Elang dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore 😀 Plus ada sejumlah fee yang harus diinvestasikan untuk mengikutinya. Singkat cerita, surat izin dari suami turun, jadilah sebelum hari H sibuk menyiapkan semua keperluan si bocah dan si ayah. Makasi ayah, luv u :*

Writing workshop yang diselenggarakan di Jakarta Design Center- Slipi ini dimulai tepat pukul 9. Syukurlah aku sudah sampai sejak pukul 08.45, jadi bisa foto- foto di depan dulu sambil antri registrasi. “Satu Buku Sebelum Mati, BISA!” begitu yel- yelnya.

Modul, name tag, banner, dan jalannya acara

Modul, name tag, banner, dan jalannya acara

Langsung ke oleh- oleh acaranya aja ya, pasti udah pada ga sabar. Di sini dibahas tentang hal- hal mendasar tentang menulis dan tips- tipsnya.

1. Alasan atau motivasi menulis

Banyak hal yang memotivasi seseorang untuk menulis. Apa pun alasannya, penulis harus berkomitmen untujk terus menulis dan menulis. Latihan menulis untuk mengasah kemampuan kita. What about me? Alasanku aku ingin bisa menulis hal- hal yang bisa menjadi amal jariyahku. Jadi harus nulis yang baik- baik dan bermanfaat dong ya J Plus untuk eksistensi, agar nanti anak- anakku, keluargaku dan semuanya tahu bahwa aku bukan hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Seorang IRT(saat ini) yang tetap berusaha mewujudkan mimpi- mimpinya, InsyaAllah.

2. Ide dan sumbernya

Ideas are the beginning of all fortunes , begitu quote Napoleon Bonaparte. Kadang bingung ya nyari ide, yang unik, yang beda dan menarik gitu. Nah, dari mana kita bisa dapat sumber ide? Bisa dari membaca buku- buku, nonton film, dari foto peristiwa, dari berita, dari pengalaman pribadi, dll.

Tips:  Segera catat begitu ide muncul. Entah di handphone, BB, block note, atau di tisu juga boleh 😛

3. Setting (latar)

Masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia pas sekolah dulu kan? Ada latar tempat, latar waktu dan latar situasi/suasana.

Tips: Untuk latar tempat, gambarkan kekhasan latar tersebut sehingga pembaca seolah- olah berada di sana. Kalau penulis belum pernah ke tempat itu, riset dulu, cari info selengkap mungkin tentang tempat tersebut, jadi pembaca ga sebel karena ada detail setting yang ga sesuai.

4. Penokohan atau karakter dan penggambarannya

Setiap tokoh dalam cerita kita harus penulis beri ruh, karakter yang unik, namun tetap sesuai logika. Penggambaran tokoh bisa secara langsung (gamblang disebutkan), melalui dialog melalui pemikiran dan perbuatan tokoh, dsb.

5. Sudut pandang (Point of View- POV)

Sudut pandang sudah umum dibahas ya. Ada sudut pandang orang pertama (aku, saya), sudut pandang orang ketiga (dia) dan sudut pandang campuran. Kalau aku, saat ini paling mudah menggunakan sudut pandang orang pertama ya, tapi aku rasa masih perlu banyak belajar untuk menggunakan POV lain. Film Cat’s Eye menggunakan sudut pandang seekoor kucing! Wow, belum terpikir sebelumnya olehku.

6. Alur dan peristiwa

Alur saat ini sudah lebih dinamis, tidak hanya maju, mundur, atau campuran keduanya. Sekarang bisa kita temukan film- film dengan alur luar biasa seperti Inception, 3 idiots, dll. Kenapa dari tadi contohnya film? Film kan berawal dari skenario yang ditulis oleh penulis skenario 😀

7. Ending

Pasti ada akhir dong untuk sebuah tulisan. Ada happy ending dan sad ending, ada yang predictable ada yang unpredictable. Ending harus logis ya, jangan tiba- tba tokohnya dimatikan begitu saja.

Catatan: Ending cerita sebaiknya yang cetar membahana, intinya buatlah seberkesan mungkin apa pun ending yang dipilih.

Banyak tips- tips lain yang diberikan selama workshop, bisa satu buku kalau aku tuliskan di sini. Plus biar teman- teman penulis lain makin semangat terus berusaha, dan menemukan caranya masing- masing 🙂 Ada juga jurus-jurus yang ku simpan untukku sendiri, hehe.

Bersama Mba Asma Nadia

Bersama Mba Asma Nadia

Aku termasuk peserta yang mendaftar cukup awal sehingga aku berhak mengirimkan naskah untuk dicorat- coret oleh Mba Asma. Aku jadi tahu beberapa kesalahan tulisanku, yang juga ku sadari ketika jalannya acara. Aku juga berkenalan dengan teman- teman baru, semoga segera dapat foto- foto bareng teman- teman baruku 🙂

Oleh- oleh Buku

Oleh- oleh Buku

Selama workshop ada beberapa tugas yang diberikan pengisi materi, Mba Asma, Pak Isa dan Mas Agung. Aku sempat maju 1x namun belum beruntung menjadi yang terbaik di antara tugas- tugas tersebut. Ga dapat souvenir deh, hiks. Sekian ya oleh- olehnya, semoga bermanfaat 🙂

Dompet Travel Wanna Be

Dompet Travel Wanna Be

PS: Di acara ini ada juga bazar buku- buku Mba Asma dan barang- barang brand toko asmanadia. Pengen beli buku 17 Catatan Hati Ummi tapi ternyata emang lagi kosong dimana- mana. Jadilah aku beli Sakinah Bersamamu, Catatan Hati Di Setiap Doaku, dan Bad Dreams& Hot Chocolate. Lengkap dengan tanda tangan Mba Asma. Ada satu lagi yang aku beli, dompet travel atau dompet paspor dkk, cita- citanya jelas, pengen jalan- jalan di dalam dan luar negeri (kalo bisa gratis, hihi) dengan dompet paspor itu suatu saat nanti. Aamiin.

PPS: Sebagian besar tulisan ini dibuat dan diedit di tab, diupload via tab juga, maaf ya kalo agak kurang rapi. Semoga tidak mengurangi kemanfaatannya 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Writing Workshop Bersama Asma Nadia

    • Suka sama istilah pensieve of our life, atw suka tulisannya?
      Still, thanks so much 🙂
      Hehe, ada beberapa “kesalahan” atw keumuman tulisanku, yang disimpan tips utk memoles karya sehingga hasilnya lbh wow, hehe
      Itu minimal lil, byk jg gpp, Alhamdulillah 🙂

      • waktu aku nulis itu, maksudku suka sama istilahnya 🙂
        soal tulisannya, bagus kok, sistematis, gambarnya diedit pake apa itu ka? picmix? android app kah itu?

        apa itu tips utk memoles tulisan? rahasia perusahaan mb asma kah? ga boleh dibagi? 😀

        satu mah udah tercapai, buku TA , hahaha :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s